BerandaFilm9 Film Horor Jepang Terbaik Yang Akan Membuatmu Mimpi Buruk

9 Film Horor Jepang Terbaik Yang Akan Membuatmu Mimpi Buruk

Hollywood bukan satu-satunya tempat dimana film-film hebat dibuat. Kita masih mempunyai Asia yang dapat membuat film-film horor terbaik di dunia. Berbeda dengan Barat yang bergantung pada CGI, Asia selalu berfokus pada plot film yang rumit dan sulit ditebak. Berbicara tentang budaya, hantu di Jepang mungkin berbeda dengan di Indonesia. Namun hantu tetap saja hantu dan ketakutan itu universal. Berikut 9 film horor Jepang terbaik yang sudah saya rangkum.

Marebito (2004)

Marebito (2004)

Marebito adalah film horor keluaran tahun 2004 yang disutradarai oleh Takashi Shimizu. Plotnya mengikuti seorang pria bernama Takuyoshi Masuoka yang tergila-gila dengan ketakutan. Kecanduan aneh itu terjadi saat dia melihat seorang pria bunuh diri dengan menusuk matanya sendiri. Masuoka yang melihat adegan tersebut tidak histeris melainkan penasaran dengan apa yang baru saja disaksikannya.

Ingin memahami perasaan takut dari pria itu sebelum kematiannya, Masuoka kemudian turun ke labirin bawah tanah. Ditempat itu, dia menemukan seorang gadis yang terikat di dinding dan membawanya kembali ke apartemennya. Bagaimanapun setelah bersamanya beberapa lama, Masuoka menyadari bahwa gadis itu tidak makan, minum ataupun berbicara. Hingga suatu hari, Masuoka mengetahui bahwa gadis itu tidak memerlukan makanan ataupun minuman untuk memenuhi perutnya. Ya, karena yang diinginkan gadis tersebut selama ini hanyalah darah.

Exte (2007)

Film Horor Jepang terbaik yang akan membuatmu mimpi buruk: Exte

Ditulis dan disutradarai oleh Sion Sono, dia terkenal sebagai sutradara film horor dan telah membuat film-film horor terbaik di Jepang. Cerita bermula ketika seorang petugas bea cukai menemukan mayat gadis muda yang misterius di dermaga kontainer. Hasil otopsi menyatakan bahwa organ mayat tersebut telah hilang dicuri oleh pedagang organ ilegal.

Yamazaki, seorang penjaga kamar mayat dan memiliki fetish rambut, terpesona dengan rambut gadis itu dan membawa mayatnya ke dalam rumahnya. Dia menyadari bahwa tubuh mayat itu tidak membusuk dan rambut selalu tumbuh melalui tubuhnya. Yamazaki kemudian mengambil rambut mayat itu dan menjualnya sebagai Hair Extension. Namun, setelah digunakan oleh orang lain, rambut itu menjadi hidup lalu mengendalikan dan membunuh setiap pemakainya.

Baca Juga: 12 Film Romantis Thailand yang Sedih, Lucu dan Menghibur

Noroi: The Curse (2005)

Noroi: The Curse (2005)

Masafumi Kobayashi, seorang peneliti paranormal yang terkenal dikabarkan menghilang tanpa jejak. Sebelum kabar kehilangannnya, Kobayashi diketahui sedang membuat film dokumenter bernama The Curse yang menjadi judul film ini. Masalah semakin bertambah ketika rumah Kobayashi terbakar dan menewaskan istrinya di dalamnya. Apa yang membuat film ini menjadi lebih misterius, satu-satunya petunjuk hanyalah sebuah video yang dimiliki Kobayashi sebelum dia menghilang.

Melalui video tersebut, kita mengetahui bahwa Kobayashi terlihat sedang menyelidiki seorang wanita mencurigakan bernama Junko Ishii. Saat sedang memasuki rumah wanita tersebut, Kobayashi menemukan merpati yang telah mati. Tetangga Junko Ishii juga ditemukan tewas mengenaskan dalam kecelakaan mobil yang tidak terjawab. Di dalam video tersebut, penyelidikan Kobayashi terus berlanjut hingga dia mengetahui tentang “Kagutaba”. Itu adalah nama iblis yang dipercayai saat ini telah merasuki Junko Ishii.

Tag (2015)

Film Horor Jepang tentang angin pembunuh

Absurd, sadis dan tragis, namun tetap menjadi salah satu film horor Jepang terbaik. Ini adalah Tag, sebuah film yang menceritakan perjuangan hidup seorang gadis dari musuh yang tidak dia ketahui. Musuh itu bisa saja angin yang membelah separuh bus beserta orang-orang di dalamnya atau seorang guru gila yang menembaki seluruh muridnya dengan senjata mesin. Tag begitu terkenal di Indonesia, meskipun saya yakin masih banyak orang yang tidak mengetahui judul filmnya.

Saat sedang riset tentang film horor Jepang, saya menemukan keyword plan tentang film ini dan coba tebak apa isinya? “Film horor Jepang tentang angin”, atau “film horor Jepang tentang angin pembunuh”. Begitu juga dengan film “As the Gods Will” yang terkenal, kebanyakan orang mencari judul filmnya dengan kata kunci ” film horor Jepang tentang permainan boneka” atau “film horor Jepang tentang boneka pembunuh”. Cukup lucu bukan, bagaimana informasi yang minim dapat digunakan sebaik-baiknya. Well, mudah-mudahan mereka sudah mendapatkan judul film yang mereka cari.

Baca Juga: 10 Film Romantis Jepang dari yang Sedih hingga berakhir Bahagia

Ring (1998)

Film Horor Jepang terbaik yang akan membuatmu mimpi buruk: Ring

Hampir setiap penikmat film horor sudah mengetahui tentang film Jepang yang satu ini. Sejak menjadi terkenal di Asia dan di seluruh dunia, Ring telah banyak menginspirasi film-film horor lainnya. Memperoleh status kultus di Barat dan dipuji sebagai salah satu film horor Asia yang terbaik. Cerita tentang sebuah video yang akan membunuhmu tujuh hari setelah menontonnya adalah sebuah alur yang baru.

Kisah tentang makhluk halus yang datang bukan dari pintumu melainkan dari layar tv mu, merupakan sebuah ancaman psikologis menakutkan. Lupakan tentang hantu dari balik lemari atau hantu dari bawah tempat tidurmu. Sadako langsung datang ke depan matamu dan menuntut nyawamu. Apa yang bisa kita lakukan dengan itu? Kabur seperti pelari maraton dan berteriak seperti orang kesurupan? Namun, bukankah begitu cara orang-orang tewas di situasi seperti itu? Ring bukan hanya sekedar film horor tapi Ring adalah pengalaman horor itu sendiri.

Serial Ju-On (2000)

Film Horor Jepang terbaik yang akan membuatmu mimpi buruk: Ju On

Jika ada satu film yang bisa menyamai ketenaran Ring, maka seri film horor Ju-On adalah jawabannya. Waralaba film ini telah dimulai sejak tahun 2000 hingga tahun 2015, dan mempunyai 11 seri. Tapi Anda tidak perlu menonton semuanya karena 5 film pertama adalah yang terbaik. Meskipun dinilai sangat berbeda, Ju-On dan Ring memiliki satu kesamaan yaitu tentang kutukan.

Jika Ring mempunyai kutukan video berhantu, maka Ju-On memiliki kutukan rumah hantu. Kisah Ju-On bermula ketika seorang suami mencurigai istrinya telah berselingkuh dengan pria lain. Merasa di khianati, pria itu kemudian membunuh istrinya, putranya yang masih kecil dan seekor kucing peliharaan mereka. Sejak saat itu, rumah itu dikutuk dan siapapun yang pernah singgah atau tinggal di dalam rumah itu, akan tewas secara mengenaskan.

Baca Juga: 10 Film Horor Korea Terbaik yang Seram dan Mengerikan

Dark Water (2002)

Film Horor Jepang terbaik yang akan membuatmu mimpi buruk: Dark Water

Apakah saya sudah menceritakan bahwa film horor terbaik Jepang, Ring didasarkan dari sebuah novel? Well, saya rasa belum. Lalu apa kaitannya Ring dengan Dark Water? Ya, mereka sama-sama diangkat dari sebuah novel dengan penulis yang sama. Bukan hanya itu, sutradara Ring dan Dark Water juga merupakan orang yang sama. Itu membuktikan bahwa Anda bisa merasakan ketakutan yang sama, persis ketika Anda menonton Ring pertama kali. Dark Water menceritakan seorang ibu yang pindah ke apartemen tua bersama putrinya yang masih kecil. 

Apartemen itu kumuh, kotor, gelap dan membuat perasaan tidak nyaman, namun ibu tersebut harus bertahan sampai sidang perceraian dengan suaminya selesai. Seiring sang ibu dan anaknya tinggal disana, mereka mulai menyadari ada yang aneh dengan tempat ini. Tas merah yang terus muncul tidak perduli berapa kalipun sang ibu membuangnya. Rambut di air keran yang tidak diketahui siapa pemiliknya. Dan penampakan gadis misterius berambut panjang yang berkeliaran disekitar komplek. Hal-hal menyeramkan terus terjadi, hingga sang ibu mengetahui tentang seorang anak yang dulu tewas tenggelam di apartemen itu.

One Missed Call (2003)

Film Horor Jepang terbaik yang akan membuatmu mimpi buruk: One Missed Call

Diangkat dari novel terkenal karya Yasushi Akimoto, salah satu film horor Jepang terbaik ini berhasil menakuti banyak penonton pada masanya. Karena begitu mencekamnya film ini, perasaan takut itu mulai terbawa hingga ke dunia nyata. Orang-orang mulai berfikir bahwa mereka akan terkena musibah atau kesialan, jika mereka menerima satu panggilan tidak terjawab pada handphonenya.

Film ini berfokus pada Yumi Nakamura, seorang mahasiswi yang sedang mengambil jurusan psikologi di masa kuliahnya. Suatu hari, temannya Yoko Okazaki mendapat satu panggilan tidak terjawab dan dia ditemukan tewas dua hari kemudian. Setelah itu, Yumi mengetahui bahwa fenomena aneh ini bukan hanya terjadi pada orang-orang disekitarnya tapi juga terjadi di seluruh Jepang. Yumi yang penasaran melakukan penyelidikan pada fenomena misterius ini tapi mimpi buruknya kemudian terjadi. Ya, dia akhirnya menerima satu panggilan tidak terjawabnya sendiri.

Teketeke (2009)

Teketeke (2009)

Salah satu film horor terbaik ini didasarkan dari sebuah urban legend Jepang yang bernama Teketeke. Penampilan hantu ini sedikit lebih berbeda dari makhluk horor Jepang lainnya. Seperti Sadako, Teketeke juga mempunyai rambut hitam panjang yang menutupi seluruh wajahnya, tapi dia hanya memiliki separuh tubuh sebatas pinggang. Oleh karena itu saat berjalan menggunakan kedua tangannya, makhluk ini menimbulkan suara yang berbunyi teke…teke.

Dikisahkan bahwa, jika ada seseorang yang melihat Teketeke, dia akan mati terbelah menjadi dua. Dan jika orang itu cukup beruntung untuk melarikan diri dari Teketeke, dia tetap akan mati 3 hari kemudian. Plot film ini menceritakan seorang wanita yang telah melihat hantu Teketeke. Wanita itu mencoba bertahan hidup dengan mencoba memecahkan kasus Teketeke dalam 3 hari, setelah dia berhasil melarikan diri dari mahluk itu pertama kali.

RELATED ARTICLES

Most Popular